Ads

Saturday 8 April 2017

Rute Menuju Hutan Pinus Pengger Dlingo Bantul

Hutan Pinus Pengger merupakan hutan pinus di Kabupaten Bantul yang masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Mangunan. Hutan Pinus Pengger terletak di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain menikmati sunset di tempat ini kala cuaca cerah wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan. Di Pinus Pengger ini wisatawan juga bisa menikmati tempat lainnya yang masih sama dengan lokasinya yakni Goa Macan, Goa Lempeng dan Watu Ngadek. Sekilas tentang Goa Macan ini wisatawan tidak perlu takut bukan berarti ini tempat macan melainkan di dinding-dinding goa batinnya mirip dengan cakaran macan. 
 
Selain itu wisatawan juga bisa menikmati spot menarik yakni Watu Ngadek. Watu Ngadek (batu berdiri) ini seperti gundukan batu besar sehingga kita bisa menikmati pemandangan alam dari atasnya. Bentuk kontur batunya hampir sama dengan batuan vulkanik yang sama seperti di Gunung Api Purba Batur.

Rute untuk menuju ke tempat ini sangat musah yaitu dari Jogja melewati Piyungan kemudian melewati Jalan Pathuk, sampai di perempatan Pathuk ambil arah menuju Dlingo sekitar 4,5 km. Hutan Pinus Pengger ini lebih mudah diakses dari arah utara, berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan yang harus melewati Imogiri.

Dari Yogyakarta menuju Pinus Pengger
Yogyakarta > Ringroad Ketandan > jalan Wonosari > Perempatan Sampaan > Pertigaan Piyungan > Bukit Bintang > Patuk ( ada perempatan kanan jalan ada pos polisi ambil arah kanan menuju Dlingo ) > Wisata Watu amben > Hutan Pinus Pengger (kanan jalan)

Di Hutan Pinus Pengger wisatawan belum diberi karcis masuk, cukup membayar biaya parkir sebesar 3000 untuk sepeda motor dan 10.000 untuk mobil. 




No comments: