Ads

Thursday 28 May 2015

Museum Gula Jawa Tengah Satu-satunya di Asia Tenggara


Museum Gula adalah salah satu peninggalan sejarah yang masih tersisa di Klaten. Museum ini berada di pinggir jalan tepatnya di Jalan Yogya-Solo KM 5,5 Plawikan, Jogonalan, Klaten. Museum ini berada tidak jauh dari Pabrik Gula Gondang Baru yang berada di sebelah timurnya.



Museum ini merupakan museum gula satu-satunya di Asia Tenggara. Koleksi museum berupa peralatan bertani tebu, peralatan pabrik gula, jenis tebu dan hama tebu serta foto antik dan tiruan ruang kerja. Di area museum juga terdapat lokomotif tua yang dimuseumkan dan juga alat angkut tradisional pada jaman dahulu. Museum ini banyak memiliki edukasi bagi anak-anak, selain mereka dapat berwisata di museum ini juga dapat belajar mengenai cara penanaman tebu yang baik, proses pembuatan gula dll. Kebanyakan pengunjung adalah untuk melakukan study.


Selain itu ada juga rombongan dari keluarga yang memilih liburan ke tempat ini karena tempatnya strategis dan juga terintegrasi dengan objek wisata di Kawasan Agrowisata Gondang Winangoen ini. Kawasan Agrowisata Gondang Winangoen adalah sebuah kawasan wisata yang berbasis agrowisata perkebunan tebu, didalamnya terdapat berbagai wahana wisata dan juga fasilitas wisata yang dapat digunakan/disewa.  Fasilitas tersebut antara lain : auditorium dan homestay.
Kawasan ini meliputi Green Park, Museum Gula, dan Pabrik Gula Gondang Baru. Akses menuju tempat ini sangat mudah karena letak dari museum ini yang strategis karena berada di pinggir jalan raya utama yang menghubungkan Kota Jogjakarta dan Kota Surakarta. Wisatawan dapat menggunakan alat transportasi umum maupun pribadi. Banyak angkutan umum yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah bus. Banyak bus arah Jogja - Solo melewati depan museum ini sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mencarinya.
Tiket masuk ke Museum Gula jawa Tengah ini juga tidak mahal kog, hanya Rp5000,-/orang untuk wisatawan domestik dan Rp10.000,-/org untuk wisatawan mancanegara (Mei 2015) . Jam buka Museum Gula Jawa tengah mulai dari pukul 07.00 wib - 15.oo wib. Buka setiap hari



No comments: