Ads

Thursday 7 May 2015

Embung Sriten, Nglipar, Gunungkidul dan Puncak Magir

Mau ke Embung Sriten ? atau sedang mencari referensi tentang Embung Sriten yang berada di Gunungkidul ini ? Gak tahu jalan menuju Embung Sriten ? yukk disimak postingan berikut ini

Profil Embung Bathara Sriten

Gambar Embung Sriten (Jogja.co)
Embung Sriten terletak di Desa Pilangrejo, Nglipar, Gunungkidul. Embung yang diresmikan secara langsung oleh Bapak Sri Sultan Hamengku Buwana X ini merupakan embung yang digadang-gadang menjadi salah satu daya tarik wisata di agrowisata ini.  

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang embung yang berada diatas Gunung Batur Agung ini. Selain itu di area ini ada puncak tertinggi namanya Puncak Magir.

Embung Sriten diproyeksikan sebagai agrowisata kebun buah menggis dan kelengkeng di perbukitan Batur Agung. Gunung Batur Agung itu sendiri merupakan puncak gunung tertinggi di Gunungkidul atau Puncak Tugu Magir dengan ketinggian sekitar 896 mdpl.


Gambar Puncak Tugu Magir (Kedaisusu01.blogspot.com)
Menikmati pesona embung diatas awan dan pemandangan yang luar biasa indah dengan view 360 derajat kawasan persawahan, perkampungan, perbukitan, dan beberapa wilayah Klaten seperti Rawa Jombor, Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Sleman, Gunung Kidul dan Yogyakarta (kedaisusu01.blogspot.com).
Disini juga sudah ada warung kecil, gazebo dan joglo (bangunan adat suku Jawa).




 



Jika Anda dari Jogja, mencari rute arah Jalan Wonosari melewati Piyungan, Patuk dan sampai pada Pertigaan Sambi 7 masuk ke arah Nglipar. Kemudian ikuti arah jalan ini sampai di pertigaan yang ada tugu di tengah-tengah jalan. Dari pertigaan tersebut belok kiri/arah Ngawen (kalau lurus arah wonosari kota). Setelah itu Pertigaan Ngrempak ambil kiri arah Desa Pilangrejo, sampai di balai Desa Pilangrejo masuk arah Embung Sriten. 

Catatan: saya sarankan tidak memakai motor matic karena menurut saya berbahaya pada saat turunan, karena motor ini hanya mengandalkan pengereman saja. Lebih baik memakai motor bebek atau motor laki-laki. 

Anda juga bisa menemukan Embung Sriten ini dengan bantuan GPS dengan koordinat berada pada S7°49'56" E110°37'54

No comments: