Ads

Thursday, 9 March 2017

Strategi Pemasaran Pariwisata

Sebelum lebih dalam menuju pokok bahasan, mari kita artikan satu-persatu arti dari topik ini. Dimulai dari strategi, apa itu strategi ?di dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesi, kata strategi berarti  
1. ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa(-bangsa) untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai;  
2. ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan: sebagai komandan ia memang menguasai betul -- seorang perwira di medan perang;  
3. rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus;  
4. tempat yang baik menurut siasat perang;

Di dalam sebuah industri, khususnya Industri Pariwisata, kenapa saya katakan pariwisata itu sebagai sebuah industri karena pariwisata itu berkaitan dengan segala aspek yang terlibat mulai dari seorang wisatawan meninggalkan rumah untuk melakukan perjalanan sampai ia kembali ke tempat semula, nah didalam perjalanan wisatawan tersebut tentu membutuhkan hal-hal yang dapat memuaskan wisatawan seperti transportasi, penginapan, rumah makan, pusat oleh-oleh, sampai para tukang becak dan seorang kusir andongpun memiliki pengaruh besar terhadap perjalanan wisatawan.
.
Peran dari segala sektor sangat membantu dalam hal untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan. Untuk itu didalam industri pariwisata juga mengenal strategi pemasaran pariwisata. Strategi pemasaran dalam industri pariwisata salah satunya kita kenal dengan istilah "Branding".
.
Nama merupakan salah satu identitas yang melekat pada seseorang. Begitu juga dengan sebuah produk atau biasa yang kita sebut merk/brand. Merk/brand menjadi komponen penting dalam pemasaran sebuah produk pastinya menjadi sebuah identitas bagi produk itu sendiri. Kita mengenal sebuah produk dari brandnya. Brand merupakan interface dari sebuah produk dan memiliki ekuitas yang penting bagi produk itu sendiri. 

Brand dapat berupa nama, simbol, tanda atau desain atau kombinasi yang menggambarkan identitas (logo) atau image sebuah produk dan bertujuan agar suatu produk gampang diingat oleh konsumen.

Sebagai contoh
Wonderful Indonesia, Malaysia Truly Asia, Romania explore the carpathian garden dll.
 

No comments: