Ads

Monday 21 March 2016

Ke Kediri ? Jangan Lupa Berkunjung Ke Tempat Ini

Kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan Pabrik Gudang Garamnya. Bukan pabrik yang memproduksi garam lho ya, tapi sebuah pabrik rokok yang sudah sangat moncer alias terkenal di Indonesia. Kota Kediri merupakan kota terbesar ketiga setelah Surabaya dan Malang berdasarkan jumlah penduduknya. 

Ngomong-ngomong tentang Kediri, banyak sekali keunikan yang dapat kita temukan disini salah satunya yaitu Simpang Lima Gumul. Di simpang lima gumul tersebut terdapat sebuah gapura besar dan orang-orang menyebutnya Simpang Lima Gumul. 

Simpang Lima Gumul menurut saya merupakan sebuah fotocopy dari Arc De Triomphe yang ada di Paris, Perancis. Tak kalah bagusnya sama yang ada di Kediri. Bangunan di sekitar SLG tersebut sangat terawat terutama rumput yang mengelilingi gapura tersebut. Disamping itu disana juga sudah terdapat fasilitas seperti toilet dan information center. 

Pertama kali ke tempat itu saya bingung dan bertanya-tanya dalam hati, ini parkir motornya dimana ya ? setelah puter-puter gapuranya (karena ada tulisan S di coret yang berarti dilarang berhenti) jadi muter-muter terus sambil mencari mana tempat parkirnya kok di sekitar gapura gak ada tanda-tanda tempat parkir. Akhirnya setelah lama muter gak nemu-nemu akhirnya ada mas-mas di penggir jalan memberi tahu saya (sambil pelan-pelan) Mas itu ngomong, "Mas kalo mau parkir disebelah sana" ujar mas tersebut. Kemudian saya menjawab " O, iya mas makasih mas ternyata disana to, ". Ternyata tempat parkir di Simpang Lima Gumul ini berada di sebelah kiri gapura tersebut dan turun ke bawah. 

Setelah sampai di tempat parkir yang berada di bawah jalan raya itu kemudian saya bergegas menuju ke ikon Kota Kediri tersebut. O iya, tempat parkir di SLG ini cukup luas dan bisa menampung lebih dari 50an mobil dan ratusan motor. Tempat parkirnya juga nyaman dan sudah tertata rapi dan bersih. Dari tempat parkir untuk menuju gapura SLG kita harus melewati terowongan bawah tanah yang berjarak sekitar 100 meter dari tempat parkir. Di dalam terowongan kita disuguhi beberapa lukisan mengenai Gunung Kelud dan beberapa wisata Kota Kediri. Namun sayangnya walaupun sudah ada kamera cctv yang dipaasang didalam terowongan tersebut, masih ada ulah para tangan yang tidak bertanggung jawab mengotori dinding di dalam terowongan yang sangat mengganggu pemandangan. Di dalam terowongan selain sudah dipasang cctv juga terdapat sirkulasi udara dan alarm tanda bahaya.

Kebanyakan yang datang ke Gapura Arc De Triomphe nya Indonesia ini adalah para remaja yang menghabiskan waktunya bersama teman dan pasanganya untuk sekedar bercanda tawa. Sesekali terlihat ada keluarga yang mengajak putra-putri mereka menikmati pemandangan sekitar SLG sembari menyuap makanan kepada putra-putrinya. Untuk masuk ke Simpang Lima Gumul ini pengunjung tidak dikenakan biaya apapun, disana pengunjung bisa berfoto ria bersama teman atau berfoto selfie dari smartphone mereka. Untuk biaya parkir sepeda motor dikenakan biaya Rp2000,- / motor.  

Foto : Rizki Abdirahman



No comments: