Ads

Saturday 18 January 2014

Pantai Gua Cemara, Bantul Yogyakarta

Sobat Travelers, masih berjumpa lagi dengan coretan-coretan saya kali ini. Sebelumnya sobat tahu nggak tentang pantai-pantai di Yogyakarta? 

Mesti Pada banyak yang komen Parangtritis, Indrayanti, Baron, Krakal dan lain-lain. Padahal pantai-di Yogyakarta banyak lho, terutama di Gunung Kidul dan Bantul. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saaya ke Pantai yang ada di Bantul tetapi bukan Pantai Parangtritis lho ya, kali ini saya mau bercerita tentang pantai Gua Cemara. Ya Pantai Gua Cemara, apa yang anda bayangkan tentang pantai ini? Pantai yang bergoa, pantai yang ada cemara di dalam goa, masa ada pantai di dalam goa???



Nah, kalo belum tahu nih aku kasih tahu. Pnatai Gua Cemara adalah pantai yang terletak di Kabupaten Bantul. Dari namanya yang agak aneh Gua Cemara, maksud pemberian nama ini menurut cerita warga sekitar adalah pantai tetapi untuk menuju ke Pantai ini Seseorang harus melewati barisan-barisan cemara yang berjejer sehingga membentuk seperti lorong masuk gua gitu, jadi deh dinamakan Pantai Gua Cemara dan setelah saya teliti langsung kebenaran itupun terungkap yakni memang jalan mau menuju ke pantai ini melewati banyak tanaman cemara yang ditanam rapi berbaris-berbaris.



Keunikan
Selain ada tanaman cemara yang banyak dan ditanam secara rapi, di pantai ini suasananya sejuk lho, karena banyak tanaman itu tadi. Di Pantai Gua Cemara ini pantainya tidak seperti Pantai Parangtritis ya, di Pantai Gua Cemara bibir pantai agak vertikal sehingga sedikit berbahaya untuk wisatawan. Pantai ini merupakan jajaran Pantai yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Samas.


Banyak kegitan yang bisa anda lakukan di pantai ini karena disini juga terdapat Joglo/pendopo untuk umum jadi yang akan mengadakan event disini pengelola sudah menyiapkan lokasinya.

 pendopo yang bisa disewa oleh pengunjung jika akan mengadakan event, selain pendopo ada juga fasilitas untuk offroad menggunakan ATV dengan rute mengelilingi kawasan pantai gua cemara yang sejuk ini.


                    Untuk anak-anak yang ingin berenang disana juga disediakan kolam renang kecil.


Pantai ini sangat sejuk untuk digunakan bersantai bersama keluarga untuk mengisi liburan terlihat dari pohon cemara yang ditanam rapi.



Wahana yang ada di Pantai ini meliputi bermain ATV, arena out bond, gazebo untuk bersantai bersama keluarga dengan angin yang sepoi-sepoi khas pantai. Di Pantai Gua Cemara ini kita juga gak perlu khawatir tentang oleh-oleh atau cindera mata yang unik dan khas, di Pantai ini juga kita bisa membeli oleh-oleh seperti Kerajinan dari Kerang/pasir (kaca pengilon, gelang, kalung dll) produk olahan lokal dari sayuran.


Tiket Masuk
Perorang Rp4000,- parkir Mobil 5000,- tiket ini saya peroleh di tanggal

Akses

Dari Kota Jogja-Ambil Arah menuju Kota Bantul-Lurus terus sampai mentok-Pantai   

1 comment:

Unknown said...

Ehh.. Jadi pengen ke sana..