Ads

Monday 8 September 2014

Desaku Girikerto, Desa Budaya di Kaki Gunung Lawu Ngawi

  Di Desa Girikerto banyak kita jumpai pemandangan alam yang indah mulai dari terasering yang tersusun rapi dikelilingi padi yang berwarna hijau, hingga kekayaan alam yang melimpah seperti air bersih yang selalu ada dan mengalir terus menerus yang berasal dari Sumber Air Koso sehingga warga cukup membeli sebuah pipa paralon untuk mengalirkan air menuju ke rumahnya dan tidak perlu membuat atau menggali sumur. Uniknya Sumber Air Koso ini tidak pernah berhenti mengalirkan air untuk kemakmuran masyarakat disana, dan maka dari itu setiap tahunya di Sumber Air Koso itu selalu diadakan acara seperti syukuran/nyadran sebagai simbol rasa bersyukur masyarakat karena telah diberi kemakmuran, ketentraman, keamanan dll. 

   Didalam acara syukuran itu para warga masyarakat berbondong-bondong datang ke sumber air tersebut, selain dari warga masyarakat yang hadir ternyata pada saat itu pula kami juga menjumpai wisatawan yang sedang menyaksikan acara budaya ini.  Setiap keluarga membawa satu tenggok yang didalamnya berisi makanan hasil pertanian dan olahan masyarakat. Kemudian makanan tersebut dikumpulkan menjadi satu dan dibagikan kepada semua yang datang dalam perayaan syukuran/nyadran tersebut. Acara tersebut  sangat meriah karena semua warga berkumpul dan membaur menjadi satu di tempat tersebut dan yang paling seru adalah ketika ada beberapa orang yang sengaja ditarik untuk diceburkan ke dalam sumber air tersebut dan tidak terkecuali para kepala dusun yang hadir dalam acara tersebut.


Selain temuan-temuan diatas masih ada satu temuan yang ada di Dusun Girikerto yaitu kepedulian warga terhadap kedatangan mahasiswa kkn cukup tinggi terbukti jika kami mendatangi salah seorang rumah warga setidaknya kita diberi hasil pertanian mereka seperti tomat, ketela, jipang dll.




3 comments:

Asli ngawi said...

wuih keren blognya

rise gaara said...

Kalo alamat dilengkapi pasti tambah ciamik..tapi udah keren blog nya..

Unknown said...

Makasih Kak Rise Gaara, untuk alamat lengkapnya yaitu Dukuh Girikerto, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Prov. Jawa Timur. Silahkan mampir...